Headlines News :
Home » , , » Memaknai Teladan Adam dan Hawa di Jabal Rahmah Arafah

Memaknai Teladan Adam dan Hawa di Jabal Rahmah Arafah


REPUBLIKA.CO.ID, Padang Arafah di Makkah, Arab Saudi, adalah tempat bertemunya kembali Nabi Adam dan Hawa setelah sekian lama terpisah setelah diturunkan dari surga. Di tempat tersebut, mereka meluapkan rasa rindu yang sekian lama bersemayam di dalam hati.
Cinta dan kasih sayang seakan tumpah dari hati Adam dan Hawa. Tidak salah jika bukit yang di lokasi mereka bertemu kemudian dinamakan Jabal Rahmah (Bukit Kasih Sayang).
Jamaah haji yang wukuf di Padang Arafah hendaknya meneladani Nabi Adam dan Hawa. Setelah sebelumnya melakukan perbuatan dosa, keduanya berketetapan hati untuk tidak mengulangi hal yang sama di kemudian hari, sebab dosa hanya akan membuat manusia menanggung penderitaan yang berkepanjangan.
Sewaktu berada di Arafah, para jamaah haji dianjurkan bertaubat, memperbanyak istighfar, dan berjanji tidak melakukan kedurhakaan lagi kepada Allah SWT sepanjang sisa hidupnya.
Arafah yang artinya ‘mengenal’ atau ‘mengerti’ mengandung makna bahwa jamaah haji yang berdiam di tempat tersebut diajak untuk memahami dan mengenali lebih dalam tentang dirinya sendiri, sebagaimana Nabi Adam dan Hawa yang mengenali diri mereka sebagai makhluk yang pernah mengundang murka Allah.
Orang yang wukuf di Arafah harus bisa mengerti dan mengenali diri sendiri. Hanya dengan mengenali diri sendiri kita akan sanggup mengenal siapa sesungguhnya Tuhan kita. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa bisa mengenali diri sendiri sungguh ia telah mengenal Tuhannya.”
Editor: Dewi Mardiani
Reporter: Hannan Putra
Sumber : Panduan Super Lengkap Haji & Umrah, Oleh Aguk Irawan MN
Share this article :

0 komentar:

Legalitas Perusahaan

Paket Umroh Akhir Tahun

Our Office

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Mari Berhaji Selagi Muda ..... - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template